Senin, 23 Mei 2011

Tak Setuju Timor Jadi Anggota ASEAN

info mutakhir tentang
tidak selalu hal yang termudah untuk mencari. Untungnya, laporan ini mencakup
info terbaru yang tersedia.
NUSA DUA, KOMPAS.com " Keinginan Republik Demokratik Timor Leste bergabung menjadi anggota ASEAN tahun ini sepertinya belum akan terwujud. Satu negara anggota ASEAN sampai saat ini masih keberatan dengan bergabungnya bekas provinsi ke-27 RI itu ke dalam ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada Kompas seusai bertemu Menteri Luar Negeri Timor Leste Zacarias Albano da Costa di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri Ke-16 Gerakan Nonblok di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Senin (23/5/2011).

Menurut Marty, mayoritas negara anggota ASEAN sudah menyetujui bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ke-11 perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara tersebut. Namun, kata Marty, masih ada satu negara anggota ASEAN yang keberatan dengan rencana tersebut.

Benar-benar ide yang baik untuk menyelidiki sedikit lebih dalam subjek
. Apa yang Anda pelajari dapat memberikan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk usaha di daerah baru.

Marty tidak bersedia menyebutkan nama negara tersebut. Ia hanya mengatakan, negara tersebut adalah salah satu negara besar di ASEAN. "Satu negara besar masih keberatan," tutur Marty.

Alasan keberatan tersebut, lanjutnya, adalah kekhawatiran apabila Timor Leste sebagai negara termuda di Asia Tenggara masuk menjadi anggota ASEAN sekarang, proses pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015 akan terganggu.

Timor Leste resmi merdeka pada 20 Mei 2002. Sebelumnya, wilayah negara tersebut merupakan wilayah Provinsi Timor Timur, provinsi ke-27 Republik Indonesia. Timor Timur melepaskan diri dari RI setelah jajak pendapat 1999.

Saat ditanya apakah negara besar anggota ASEAN yang tidak setuju dengan bergabungnya Timor Leste itu adalah Indonesia, Marty menukas, "Oh, bukan! Kita justru sangat mendukung Timor Leste menjadi anggota ASEAN!" tandas Marty.

Mereka yang hanya mengenal satu atau dua fakta-fakta tentang
bisa bingung oleh informasi yang menyesatkan. Cara terbaik untuk membantu mereka yang disesatkan adalah dengan lembut benar mereka dengan kebenaran yang Anda pelajari di sini.

Tidak ada komentar: